SANDWICH BUAH KHAS JEPANG YANG VIRAL PUNYA BANYAK PENGGEMAR DI INDONESIA?! KOK BISA!!

 


Lagi-lagi Jepang berhasil menciptakan hidangan kuliner yang menarik perhatian dunia setelah Sushi, ramen dan beberapa makanan khas Jepang lainnya, yaitu sando.

Punya cita rasa yang unik dan menyegarkan sandwich ini memiliki banyak penggemar bahkan sampai di indonesia??? Apa kehebatannya sampai-sampai jadi seviral itu?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai asal usul, sejarah singkatnya, hingga apa yang membuatnya bisa sampai tren di Indonesia.

APA ITU SANDO? BAGAIMANA ASAL USUL DAN SEJARAH SINGKATNYA?
Sando adalah salah satu kreasi kuliner yang diciptakan oleh Jepang yang berhasil menarik perhatian dunia. Sando sendiri merupakan adaptasi "Sandwich" dari kata bahasa inggris, yang dilafalkan oleh orang-orang Jepang menjadi "Sandoichi" dan dipersingkat menjadi "Sando" yang kita kenal selama ini. 

Sebagai hasil akulturasi budaya barat yang masuk ke Jepang selama era Meiji (1868-1912), Sando pertama kali diperkenalkan oleh orang Eropa khususnya Inggris yang membawa kebiasaan makan sandwich ke Jepang. Awalnya hidangan ini hanya disajikan di hotel ataupun di restauran mewah. Namun seiring berjalannya waktu, Sando berkembang menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Jepang.

FILOSOFI DI BALIK SANDO
Jepang memiliki kebudayaan juga terhadap makanan, yang dimana makanan itu tidak hanya soal rasa melainkan penampilan yang menggugah mata dan kemudahan konsumsi. Bahkan setiap perusahaan di Jepang selalu menerapkan budaya untuk menciptakan produk yang memudahkan konsumen ataupun masyarakat, itulah kenapa produk Jepang biasanya didesain secara praktis sehingga memudahkan konsumen dalam menggunakannya.

Sando memiliki cerminan prinsip dengan penyajian yang bersih, rapih dan mudah dimakan. Bahannya sendiri menggunakan roti lembut khas Jepang (Shokupan) yang memiliki tekstur lembut dan rasa sedikit manis, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis isian, baik manis ataupun gurih.

APA YANG MEMBUAT SANDO DISUKAI BANYAK ORANG? BERIKUT FAKTA UNIKNYA!

Alasan mengapa Sando sangat disukai oleh masyarakat Jepang maupun negara lain salah satunya Indonesia diantaranya ialah:

1) Kelembutan Roti Shokupan 
Roti khas Jepang ini memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang netral sehingga sangat cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai isian baik manis maupun gurih.

2) Penampilan yang Aesthetic dan Instagramable
Tampilannya yang unik dan menarik dengan potongan yang rapih, menjadikannya memancarkan nilai estetika yang sangat cocok untuk difoto dan diunggah di media sosial. Banyak yang meng-uploadnya di media sosial, khususnya generasi muda.

3) Varian isian yang beragam
Adapun beberapa varian isian yang populer diantaranya: 
-Katsu Sando
-Egg Sando
-Fruit Sando

4) Simple dan Praktis 
Dengan ukuran yang pas untuk sekali makan, Sando sangat pas dan ringan dibawa kemana-mana untuk camilan ataupun pengganjal lapar. Ditambah lagi kemasannya yang biasanya menggunakan plastik, begitu praktis dan mudah dibuka.

5) Tidak mengenal trend
Produk olahan khas Jepang ini, tidak mengenal trend karena produk ini sudah dijual dimanapun dan masyarakat bisa mengonsumsi nya kapanpun mereka mau. Karena daya tarik yang diciptakan tak ada hentinya memikat orang-orang untuk mengonsumsi nya apalagi dengan adanya Sando ala Homemade.

TREN SANDO DI INDONESIA 
Meskipun produk ini sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2000-an bersamaan dengan meningkatkan popularitas budaya Jepang di tanah air mengenai anime, manga hingga kuliner, sando sendiri mulai Booming di Indonesia sekitar tahun 2020 terutama ketika COVID melanda, banyak orang lebih senang mencoba hal baru di rumah salah satunya membuat menu baru yang tidak pernah dicoba sebelumnya.

Beberapa kafe juga mulai menghadirkan sando sebagai hidangan andalan, alias makanan penutup utamanya yang menjadi trend yaitu Fruit Sando.

Melihat kondisi saat itu, menjadikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk menjual menu yang sedang viral tersebut alias Fruit Sando Homemade untuk dipasarkan di media sosial yang menarik banyak kalangan khususnya kalangan muda yang tertarik dengan segala macam tren. Banyak pula influencer yang mempopulerkan makanan ini hingga mempromosikannya di media sosial seperti tiktok dan Instagram.

Untuk cara membuat sando ala rumahan sudah banyak resep yang tersebar di internet. Namun tidak semua orang ahli dalam membuat makanan yang enak ataupun memiliki waktu untuk membuatnya sendiri.

Oleh karena itu, adanya restauran ataupun cafe serta pihak-pihak UMKM yang menjual produk sando ini mempermudah orang-orang untuk menikmatinya secara langsung tanpa ribet harus membuatnya terlebih dahulu alias praktis langsung makan.

So..
Tertarik buat mencicipi sando tapi mager kalau bikin sendiri?

Eits..Jangan khawatir..
Nur Kholif Dessert, menghadirkan dessert sando yang creamy dan lembut disertai beberapa macam varian buah yang menyegarkan. Setiap gigitan akan membuatmu jatuh cinta.

Selain Sando buah, tersedia juga beberapa dessert lainnya yang bisa kamu cek di media sosial kami.

BELI SEKARANG ATAU MENYESAL SEUMUR HIDUP?

Karena untuk mencicipi dessert enak disini, kamu cukup mengantongi uang 5 ribu saja!

Ga akan rugi, kalau dah datengin tempatnya di sekitar Jalan terusan Jakarta, Kota Bandung posisi didekat penjual soto ayam.

DISCLAIMER: Awas nanti ketagihan lewat sini terus buat jajan dessert.

Terimakasih sudah membaca blog ini sampai akhir, bila ada masukan bisa langsung komentar di bawah Ini. Sampai jumpa di blog selanjutnya!






Comments

Popular posts from this blog

Meningkatnya Tren Dessert Di Indonesia, Ini Dia Fakta Unik Dessert Yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Cerita menarik bersama UMKM: "UNTUNG GAK HARUS BESAR, YANG PENTING JALAN TERUS"